Home » » Ketahuilah Pertolongan Pertama Mimisan Pada Anak

Ketahuilah Pertolongan Pertama Mimisan Pada Anak

Pada anak, mimisan seringkali terjadi spontan tanpa dapat ditelusuri sebabnya. Keluhan ini sering ditemukan apabila terlalu letih atau lama terkena sinar matahari, dan biasanya dapat berhenti sendiri. Hal ini terjadi karena masih rapuhnya pembuluh darah yang sering menjadi sumber perdarahan pada anak-anak.

Yang dapat dilakukan saat menghadapi anak mimisan adalah:
  1. Memintanya untuk duduk atau berbaring dengan kepala diganjal bantal. Jangan membuatnya mendengakkan kepala ke atas karena dapat menyebabkan gumpalan darah pada saluran napas akibat darah tidak dapat keluar.
  2. Ambil kassa secukupnya, gulung kemudian masukkan ke dalam lubang hidung anak yang mimisan, diamkan selama 15-30 menit hingga darah berhenti.
Bila setelah 30 menit darah tetap tidak berhenti, segera bawa anak tersebut berobat ke dokter. Pertama-tama dokter akan menggunakan tampon yang telah ditetesi adrenalin 1/10.000 dan/atau lidokain 2%. Mimisan yang tidak berhenti setelah di tampon selama paling tidak 30 menit, harus dipikirkan kemungkinan penyebab lain seperti benda asing, infeksi, tumor, kelainan sistemik, dsb. Keadaan ini juga memerlukan penanganan khusus pada sumber perdarahannya. Semoga dapat dipahami dengan baik.
Terima Kasih

Ditulis Oleh : Ahmad ~Ahmad Aby

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Ketahuilah Pertolongan Pertama Mimisan Pada Anak yang ditulis oleh Ahmad Aby yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: Maret 22, 2014

0 comments:

Posting Komentar