Home » » Pengertian Kolik Abdomen

Pengertian Kolik Abdomen

Pengertian Kolik Abdomen adalah gangguan pada aliran normal usus sepanjang traktus intestinal. Obstrksi terjadi ketika ada gangguan yang menyebabkan terhambatnya aliran isi usus ke depan tetpi peristaltiknya normal.

bayak juga ahli yang mendefinisikan kolik abdomen sebagai sebuah kondisi yang ditandai dengan kram atau nyeri kolik hebat, yang mungkin disertai dengan mual dan muntah.


Rasa nyeri pada perut yang sifatnya hilang timbul dan bersumber dari organ yang terdapat dalam abdomen (perut). Hal yang mendasari hal ini adalah infeksi pada organ di dalam perut (mencret, radang kandung empedu, radang kandung kemih), sumbatan dari organ perut (batu empedu, batu ginjal). Pengobatan yang diberikan adalah penghilangan rasa sakit dan penyebab utama dari organ yang terlibat. Bila infeksi dari kandung kemih atau kandung empedu maka pemberian antibiotik, bila ada batu di kandung empedu maka operasi untuk angkat kandung empedu.
Pada kasus tertentu terjadi akut abdomen. Akut Abdomen adalah suatu kegawatan abdomen yang dapat terjadi karena masalah nyeri abdomen yang terjadi tiba – tiba dan berlangsung kurang dari 24 jam. Akut Abdomen terkait pada nyeri perut serta gejala seperti muntah, konstipasi, diare, dan gejala gastrointestinal yang spesifik.
Pada Penyakit Kolik Abdomen nyeri yang dirasakan dapat ditentukan atau tidak oleh pasien tergantung pada nyeri itu sendiri. Nyeri abdomen dapat berasal dari organ dalam abdomen termasuk nyeri viseral, dari otot, lapisan dari dinding perut (nyeri somatic). Nyeri viseral biasanya nyeri yang ditimbulkan terlokalisasi dan berbentuk khas, sehingga nyeri yang berasal dari viseral dan berlangsung akut biasanya penyebab tekanan darah dan denyut jantung berubah, pucat dan berkeringat dan disertai fenomena viseral yaitu muntah dan diare. Lokasi dari nyeri abdomen bisa mengarah pada lokasi organ yang menjadi penyebab nyeri tersebut. Walaupun sebagian nyeri yang dirasakan merupakan penjalaran dari tempat lain. Oleh karena itu nyeri yang dirasakan bisa merupakan lokasi dari nyeri tersebut atau sekunder dari tempat lain.
Penatalaksanaan Kolik Abdomen yang dilakukan pada pasien dengan akut abdomen dapat dilihat dari beberapa keadaan akut abdomen dimana tindakan operasi bukan merupakan pilihan utama, sehingga pemeriksaan radiologi menjadi pilihan pertama dimana aspirasi abses melalui ultra ultrasonografi abdomen harus dilakukan bersamaan dengan terapi antibiotik. Secara umum pada akhirnya penanganan pasien dengan akut abdomen adalah menentukan apakah pasien tersebut merupakan kasus bedah yang harus dilakukan tindakan operasi atau jika tindakan bedah tidak perlu dilakukan segera, kapan kasus tersebut harus dilakukan tindakan bedah

Ditulis Oleh : Belajar ~Ahmad Aby

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Kolik Abdomen yang ditulis oleh Ahmad Aby yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: Februari 19, 2014

0 comments:

Posting Komentar