Home » » Hati-hati Terhadap Nyeri Mendadak Pada Buah Zakar Anda

Hati-hati Terhadap Nyeri Mendadak Pada Buah Zakar Anda

Terkadang kita sering mengacuhkan rasa nyeri pada tubuh kita, walaupun nyeri itu sangat menyakitkan. Tetapi jangan pernah anda menyepelekan rasa nyeri mendadak yang sangat anda rasakan di buah zakar anda. Karena mungkin itu adalah tanda dan gejala dari terjadinya torsio testis.

Torsio testis adalah terpuntirnya funikulus spermatikus yang terdiri dari vas deferens atau saluran sperma, pembuluh darah arteri spermatica dan plexus pampiniform, pembuluh limfe dan saraf. Karena terjadinya puntiran tersebut maka aliran darah yang masuk dan keluar untuk memperdarahi testis tidak lancer atau bahkan terhenti. Hal ini menyebabkan sel-sel di testis menjadi kekurangan pasokan oksigen hingga menjadi rusak dan mati

Keadaan ini diderita oleh 1 diantara 4000 pria yang berumur kurang dari 25 tahun, dan paling banyak diderita oleh anak pada usia pubertas 12-18 tahun. Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya torsio testis, antara lain perubahan suhu yang mendadak (berenang), latihan yang berlebihan, penggunaan celana yang terlalu ketat dan trauma yang mengenai buah zakar.

Gejala yang ada pada torsio testis adalah nyeri yang hebat di kantung pelir yang sifatnya mendadak dan diikuti pembengkakan pada buah zakar. Nyeri yang menjalar ke selangkangan dan perut bawah sering disalah artikan sebagai gejala usus buntu. Tetapi rasa nyeri pada torsio testis tidak diikuti demam, hal ini yang membedakan torsio testis dengan adanya infeksi pada buah zakar.

Oleh karena itu, waspadalah apabila anda mengalami gejala-gejala seperti di atas. Segera periksakan ke dokter ahli urologi, karena anda mempunyai periode emas selama 6 jam, lewat dari waktu tersebut maka buah zakar anda sudah rusak dan tidak bisa diselamatkan lagi.

Sumber: spotdokter
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Ditulis Oleh : Belajar ~Ahmad Aby

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Hati-hati Terhadap Nyeri Mendadak Pada Buah Zakar Anda yang ditulis oleh Ahmad Aby yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: April 30, 2013

0 comments:

Posting Komentar